Lesson
study merupakan
model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaransecara kolaboratif dan berkesinambungan berlandaskan prinsip-prinsip
kolegilitas dan mutuallearning untuk membangun komunitas belajar. MatakuliahMetodologi Penelitian merupakan matakuliah wajib untuk mahasiswa STKIP
PGRI Lumajang. Dalam
matakuliah ini mahasiswa diharapkan menyelesaikan proyek untuk menghasilkan
proposal penelitian. Berdasarkan
hasil observasi pada mahasiswa Pendidikan Matematika, mahasiswa memilikihasil belajar yang rendah. Oleh karena itu, lesson study dipandang
tepat diterapkandengan pembelajaran berbasis proyek untuk
meningkatkan hasil belajar mahasiswa.Metode
dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research).
Teknikpengumpulan data menggunakan data angket,
observasi, dan tes tertulis. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: 1) keterlaksanaan
penerapan pembelajaran berbasis proyek melalui lesson study di STKIP
PGRI Lumajang mengalami peningkatan pada setiap tahapan plan, do, dan see;
2)hasil belajar mahasiswa STKIP PGRI Lumajang
pada penerapan pembelajaran berbasis proyek melalui lesson study mengalami peningkatan hasil belajar kognitif
dan hasil belajar berdasarkan penilaian poortofolio juga dalam kategori baik.