JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI

PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK MELALUI LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA STKIP PGRI LUMAJANG

PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK MELALUI LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA STKIP PGRI LUMAJANG
Volume 9 - No 2
Tahun Publikasi: September 2019
Ana Rokhmawati 1), Puji Savvy Dian Faizati 2)
Download Artikel

Abstract

Lesson study merupakan model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkesinambungan berlandaskan prinsip-prinsip kolegilitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar. Matakuliah Metodologi Penelitian merupakan matakuliah wajib untuk mahasiswa STKIP PGRI Lumajang. Dalam matakuliah ini mahasiswa diharapkan menyelesaikan proyek untuk menghasilkan proposal penelitian. Berdasarkan hasil observasi pada mahasiswa Pendidikan Matematika, mahasiswa memiliki hasil belajar yang rendah. Oleh karena itu, lesson study dipandang tepat diterapkan dengan pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research). Teknik pengumpulan data menggunakan data angket, observasi, dan tes tertulis. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: 1) keterlaksanaan penerapan pembelajaran berbasis proyek melalui lesson study di STKIP PGRI Lumajang mengalami peningkatan pada setiap tahapan plan, do, dan see; 2) hasil belajar mahasiswa STKIP PGRI Lumajang pada penerapan pembelajaran berbasis proyek melalui lesson study mengalami peningkatan hasil belajar kognitif dan hasil belajar berdasarkan penilaian poortofolio juga dalam kategori baik.

Keyword

Lesson study,proyek,hasil belajar
jurnaljp3

Tentang

Jurnal JP3 berisi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa STKIP PGRI LUMAJANG.

Jurnal JP3 dipublikasikan sebanyak dua kali setiap tahun oleh STKIP PGRI LUMAJANG.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi redaksi jurnal.

Arsip

Kontak